Konflik Indonesia Belanda

Konflik Indonesia-Belanda

1. Bagaimana bangsa Indonesia yang baru mendeka menetapkan presidennya? Melalui sidang PPKI 18 Agustus 1945 secara aklamasi atas inisiatif dari Otto Iskandar Dinata.

2. Apakah tugas Komite Nasional Indonesia Pusat dan siapakah ketua KNIP? Melaksanakan fungsi DPR selama DPR belum terbentuk secara utuh. Ketua KNIP: Kasman Singodimejo

3. Mengapa pada awal RI, Irian tidak masuk bagiannya, propinsi mana saja waktu itu dan gubernurnya masing-masing? Karena berdasarkan kesepakatan yang termasuk wilayah RI adalah daerah bekas jajahan Belanda. Propinsi dan gubernurnya:

  • Sumatra : Mr T. Moh Hasan.
  • Jawa Barat : Sutardjo K.
  • Jawa Tengah: R.P. Suroso.
  • Jawa Timur : R.M. Suryo.
  • Sunda Kecil : I Gusti Ketut Puja.
  • Maluku : Latuharhary.
  • Sulawesi : Ratu Langi.
  • Kalimantan : P. Moh. Noor

4. Sebutkan nama-nama partai yang lahir tahun 1945 berdasarkan agama/ideologinya!

  • Masyumi – Islam
  • Parkindo – Kristen
  • Partai Katolik – Katolik
  • PNI (Partai Nasional Indonesia) – nasionalis
  • PKI (Partai Komunis Indonesia) – komunis
  • PRS (Partai Rakyat Sosialis) – sosialis
  • PSI (Partai Sosial Indonesia) – sosialis
  • PBI (Partai Buruh Indonesia) – sosialis
  • PRJ (Partai Rakyat Jelata) – sosialis
  • Permai (Partai Rakyat Marhaen Indonesia) – marhaen

5. Apa tugas pasukan Sekutu yang mendarat di Indonesia dan mengapa Sekutu memperbolehkan NICA memboncengnya? Tugas Sekutu adalah melucuti senjata para tentara Jepang dan memulihkan keamanan di daerah Hindia Belanda. Berdasar kesepakatan di Chequers antara Inggris dengan Belanda, daerah-daerah jajahan yang dulu ditinggalkan selama perang akibat dikuasai oleh Jepang boleh dikuasai kembali. Indonesia termasuk daerah jajahan yang ditinggalkan karena dikuasai Jepang. Jadi setelah Jepang kalah, Belanda boleh menguasai kembali.

6. Tentukan: sebab-sebab, tokoh RI dan Inggris dan mengapa pertempuran di Surabaya diperingati sebagai Hari Pahlawan? Sebabnya adalah terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby dan ultimatum yang dikeluarkan Inggris. Tokoh RI adalah Bung Tomo. Pertempuran di Surabaya diperingati sebagai Hari Pahlawan karena kejadian itu merupakan sebuah lambang keberanian dan kebulatan tekad dalam mempertahankan kemerdekaan dan membela Tanah Air dari segala bentuk penjajahan.

7. Sebab, tokoh-tokoh perlawanan, dan arti penting pertempuran Palagan Ambarawa bagi bangsa Indonesia! Sebab: kedatangan pasukan Sekutu menyertakan pasukan NICA yang ingin menguasai RI kembali. Tokoh: Kolonel Sudirman, Oerip Soemohardjo. Arti penting: Pasukan NICA berhasil dipukul mundur sampai ke arah Semarang karena perjuangan TKR yang gigih dan berbagai kelaskaran ikut membantu. 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri.

8. Latar belakang, sebab pertempuran, dan upaya mempertahankan pemerintah RI di Sumatra Utara! Latar belakang: penghuni hotel menginjak-nginjak lencana Merah Putih dan Sekutu memasang papan Fixed Boundaries Medan Area. Upaya mempertahankannya dengan perang.

9. Apa sebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api? Bagaimana pendapatmu tentang tindakan Mohamad Toha? Bandung Utara dan Bandung Selatan dibatasi oleh sebuah sungai. Sesuai dengan garis politik diplomasi, pihak RI mengosongkan Bandung Utara, tapi Sekutu meminta pengosongan sejauh 11 km lagi dari batas. Tindakan Mohamad Toha sangat heroik, berani, dan patut diteladani. Dia cinta tanah air, bangsa, dan negara.

10. Tuliskan isi Perjanjian Linggarjati!

  • Pemerintah Republik Indonesia dan Belanda bersama-sama membentuk negara federasi bernama Negara Indonesia Serikat
  • Negara Indonesia Serikat tetap mengikat diri dalam ikatan kerja sama dengan kerajaan Belanda, dengan wadah Uni Indonesia-Belanda yang diketuai Ratu Belanda

11. Bagaiamana reaksi negara-negara di dunia dengan adanya Agresi Militer Belanda I dan sikap PBB sebagai tindak lanjutnya? Australia dan India mendesak DK PBB untuk membahas masalah Indonesia. Permintaan itu diterima dengan baik dan dimasukkan sebagai agenda pembicaraan DK PBB. Tindakan PBB selanjutnya adalah membentuk KTN.

12. KTN? : negara anggota, pemimpin masing-masing, tugas pokoknya. Belgia mewakili Belanda, Australia mewakili Indonesia, Amerika pihak netral sebagai penengah. Australia: Richard Kirby. Belgia: Paul van Zeeland. Amerika Serikat: Frank Graham. Tugas pokoknya segera menghentikan sengketa RI dengan Belanda.

13. Apa dampak dari tindakan PBB untuk mengatasi Agresi Militer I tersebut? Diadakannya Perundingan Renville.

14. Mengapa perundingan RI – Belanda di geladak Kapal Renville? Siapa yang mewakili masing-masing pihak? Hasil perundingannya? Pemerintah RI diwakili oleh PM Amir Syarifudin. Pihak Belanda diwakili oleh Abdulkadir Widjojoatmodjo. Hasil Perundingan Renville:

  • Kesepakatan gencatan senjata dan penghentian tembak-menembak antara tentara RI dan Belanda
  • Penetapan garis batas antara daerah RI yang bebas dari AM I dan daerah RI yang diduduki Belanda
  • Sebelum Negara Indonesia Serikat (NIS) terbentuk, kedaulatan atas Indonesia (Hindia Belanda) masih di tangan Belanda
  • Bila terjadi pertikaian antara RI dan Belanda akan ditempuh penyelesaian secara damai

15. Berikan ulasanmu terhadap Amir Syarifudin sebelum dan sesudah Reville Agreement! Pada saat perundingan berlangsung diadakan perombakan dalam kabinet Amir Syarifudin dengan tujuan memperkuat kabinet tersebut guna menghadapi perundingan dengan Belanda. Sekalipun kabinet tersebut adalah kabinet koalisi yang kuat, namun setelah kabinet Amir Syarifudin menerima persetujuan Renville, partai-partai politik berbalik menentangnya. Kabinet Amir Syarifudin yang yang hanya didukung oleh sayap kiri tidak berhasil dipertahankan, maka 23 Januari 1948 Amir Syarifudin menyerahkan mandatnya kepada presiden. Setelah itu, Amir Syarifudin dengan FDR bergabung dengan PKI dan menjadi oposisi kabinet Hatta yang menggantikannya.

16. Kabinet Hatta punya tugas berat setelah mengganti PM Amir Syarifudin. Apa masalah yang dihadapi dan solusinya? Kabinet Hatta harus menangani pemberontakan PKI Madiun yang dipimpin oleh Muso. Solusinya, pemerintah membentuk Gerakan Operasi Militer (GOM) I. Namun operasi penumpasan ini tidak berlangsung tuntas karena Indonesia juga harus menghadapi Agresi Militer Belanda II pada waktu yang sama. Situasi ini membuat beban pemerintah semakin berat.

17. PKI melakukan pemberontakan 1948. Apa sebabnya? Apa yang dilakukan dan bagaimana pemerintah RI mengatasinya? Ketidakpuasan Amir Syarifudin terhadap kabinet Hatta yang menyusun kabinet tanpa campur tangan golongan sayap kiri atau sosialis membuat Amir Syarifudin dengan FDR bergabung dengan PKI dan terus merongrong pemerintah dan TNI yang dikatakan penuh dengan golongan reaksioner dan kolonial. Bahkan Muso, pemimpin tertinggi PKI menyatakan bahwa Soekarno dan Hatta ingin menjual Indonesia kepada kaum kapitalis. Pertentangan meningkat menjadi insiden bersenjata dan diikuti dengan diproklamasikannya Republik Soviet Indonesia. Pemerintah mengatasi ini dengan membentuk Gerakan Operasi Militer (GOM) I.

18. Mengapa pemerintah RI membentuk PDRI saat Agresi Militer 2? Agar roda pemerintahan dapat terus berjalan karena Yogyakarta digempur habis-habisan oleh Sekutu.

19. Apa yang dapat Anda simpulkan tentang gerliya Sudirman? Apa yang Anda lakukan bila Anda kelas XII waktu itu? Saya sangat kagum dan menghargai perjuangannya. Dalam keadaan sakit paru-paru kronis dia masih bisa memimpin perang geriliya dan menang. Bila saya kelas XII waktu itu, saya akan ikut perang dan berjuang bersama Sudirman kalau boleh.

20. Apakah BFO itu? Dan keputusan Konferensi Inter-Indonesia! BFO (Bijeenkomst voor Federal Overlag) adalah negara bagian yang dibentuk Belanda. BFO Berjumlah 15 negara. Tujuan pembentukan BFO adalah untuk memecah belah Indonesia sehingga Belanda dapat terus mempertahankan pengaruhnya. Konferensi Inter-Indonesia bertujuan menyamakan persepsi sebelum KMB. Keputusannya:

  • NIS disetujui dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS)
  • RIS akan dikepalai seorang presiden dibantu menteri-menteri yang bertanggung jawab kepada presiden
  • RIS akan menerima penyerahan kedaulatan baik dari RI maupun Kerajaan Belanda
  • Angkatan Perang RIS adalah Angkatan Perang Nasional dan presiden RIS adalah Panglima Tertinggi Angkatan Perang RIS
  • Pembentukan Angakatan Perang RIS adalah semata-mata soal bangsa Indonesia sendiri RI dan BFO juga sepakat delegasi

RI dalam KMB terdiri dari Moh. Hatta, Moh. Roem, Supomo, J. Leimena, Ali Sastroamijoyo, Juanda, Sumitro Joyohadikusumo, Sukiman, Suyono Haditoto, TB. Simatupang, dan Sumardi. Sementara delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II dari Pontianak.

21. Apa bentuk simpati AS dan PBB terhadap RI dengan adanya Agresi Militer Belanda II? Membebaskan presiden dan wakil presiden serta pemimpin-pemimpin RI yang ditangkap 19 Desember 1948 dan memerintahkan KTN memberikan laporan lengkap mengenai situasi di Indonesia sejak 19 Desember 1948.

22. Tuliskan bagian-bagian dari RIS (RI, 6 negara boneka, dan 9 daerah otonom)! RI, Negara Indonesia Timur, Negara Sumaetra Timur, Negara Sumatera Selatan, Negara Jawa Timur, Negara Pasundan, Negara Madura. Daerah-daerah otonom: Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Dayak Besar, Banjar, Kalimantan Tenggara, Jawa Tengah, Bangka, Belitung, Riau.

23. Apa isi KMB dan siapa saja penandatangan di Jakarta dan Belanda? Hasil KMB:

  • Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat
  • Status karesidenan Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan
  • Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda berdasarkan kerja sama sukarela dan sederajat
  • RIS mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda
  • RIS harus membayar semua utang Belanda yang ada sejak tahun 1942

Penandatanganan di Jakarta: Indonesia diwakili Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Belanda diwakili A.H.J. Lovink. Penandatanganan di Belanda: Indonesia diwakili Moh. Hatta, Belanda diwakili Ratu Juliana.

24. Kronologi kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia Desakan rakyat di berbagai negara bagian untuk kembali ke negara kesatuan mendorong para tokoh dari negara-negara bagian untuk melakukan kesepakatan untuk kembali ke negara kesatuan! Berdasarkan piagam persetujuan antara pemerintah RIS dan pemerintah RI, dibentuk panitia bersama yang bertugas merancang UUD Sementara Negara Kesatuan. Hasilnya, dikeluarkan UUD yang mengandung unsur-unsur UUD 1945 dan UUD RIS.UUD ini diterima baik oleh Badan Pekerja KNIP dan DPR RIS. UUD ini kemudian dikenal sebagai UUDS 1950 dan disahkan pada tanggal 15 Agustus 1950.

 

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

1945

1 Oktober Kedatangan Sekutu yang memboncengi NICA

10 November Pertempuran Surabaya

20 November-15 Des Pertempuran Ambarawa

1 Desember Sekutu memasang Fixed Boundaries Medan Area

1946

23 Maret Bandung Lautan Api

14-25 April Perundingan Hooge Veluwe

10-15 November Perundingan Linggarjati

1947

21 Juli Agresi Militer Belanda I

31 Juli Sidang DK PBB tentang gencatan senjata dan KTN

8 Desember-15 Jan 1948 Perundingan Renville

1948

19 Desember Agresi Militer Belanda II

22 Desember Pembentukan PDRI

1949

28 Januari DK PBB membentuk UNCI

1 Maret Serangan Umum TNI ke Yogyakarta

7 Mei Perundingan Roem-Royen

19-22 Juli Konferensi Inter-Indonesia I

30 Juli-2 Agustus Konferensi Inter-Indonesia II

23 Agustus-2 November KMB

27 Desember Penyerahan kedaulatan dari Belanda kepada Indonesia

 

*tulisan SMA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: